Loading...

KARNAFAL AKBAR DI KECAMATAN PRAGAAN DI HADIRI WABUP (Ach Fauzi), YANG IKUT SERTA MENUNGGANGI KUDA BESERTA CAMAT PRAGAAN (SUJARNO)


Sumenep- Libas.co.id - Senin-(27-08-2018.) Karnafal Akbar Dalam rangka penutupan peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73, Kecamatan Pragaan, Kabupaten Sumenep, menggelar pesta Karnaval Akbar.  Yang diikuti oleh seluruh lapisan aparat pemerintah kecamatan Pragaan, Upt Dinas kesehatan Pragaan (puskesmas pragaan),  dan Seluruh kepala Desa se kecamatan yang terdiri dari 14 Desa, serta sekolah tingkat SD,/MI. SMP/MTS sampai SMA/MA,  dan dukungan dari berbagai kalangan baik pemuda dan masyarakat yang antusias mengikuti Perayaan karnaval tersebut.

Pawai akbar dilepas tepat jam 12.00  wib (siang). Meskipun cuaca pada saat itu dibilang sangat panas tetapi para peserta karnaval amat sangat bersemangat dalam mengikuti pawai akbar tersebut meskipun Rute yang harus ditempuh sekirat 3-4 kilo meter, Start di lapangan Bola Pragaan Laok dan Finish di Dermaga desa Aing Panas. Dan tak lupa Dalam Penutupan perayaan HUT RI - Ke 73 di Kecamatan Pragaan, kabupaten Sumenep. Juga dihadiri Oleh Wakil Bupati (wabub) Sumenep Bapak Ach Fausi dan ikut berpartisipasi menjadi peserta karnaval yang berada dibarisan depan Pawai tersebut dengan menunggangi kuda ( jeren kencak ) khas madura, yang dibelakangnya diikuti oleh Bapak camat pragaan, ( Drs. Sujarno.MH ) dan seluruh kepala desa (14 desa) yang dengan sangat gagah berani berlenggak lenggok menunggangi Kuda ( jeren kencak ), yang diiringi musik tradisional Kabupaten Sumenep yaitu bhe'gerbhis dan saronin,  dengan mengenakan seragam pakaian dinas upacara (PDU) yang berwarna Putih putih, menambah gagahnya peserta berkuda tersebut. Yang Mengingatkan kita akan para pejuang dahulu yang tampil gagah saat bertempur melawan penjajah, demi membela tanah air dan meraih kemerdekaan melawan penjajah.

Meskipun ramainya penonton yang datang selain masyarakat Kecamatan Pragaan, tidak sedikit masyarakat dari kecamatan lain bahkan dari pantauwan kami Sigap88news.co.id ada pula masyarakat dari kota Pamekasan yang rela berpanas-panasan hanya untuk melihat Pawai akbar tersebut, dan tidak menutup kemungkinan akan menambah kemacetan arus lalu lintas.  Tetapi dengan adanya kerja keras dari aparat kepolisian sektor Pragaan (Polsek Pragaan) yang dibantu oleh satpol PP, Linmas, dan satgas, serta Panitia penyelenggara pawai tersebut (puskesmas pragaan). Saat kami menemui Kapolsek Pragaan Ibda.Supriyadi.SH mengatakan kepada kami Sigap88news.co.id. " kami sudah memerintahkan ke semua anggota polsek, untuk semaksimal mungkin dalam melakukan Pengaturan lalu lintas, mengingat Rute Karnaval adalah jalan poros profensi dimana jalan tersebut akan sangat banyak dilewati oleh pengendara baik motor, mobil, bus, truk dan mobil-mobil besar lainnya yang dapat menyebabkan kemacetan jalan saat acara pawai perlangsung. Saya selaku Kapolsek Pragaan mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh anggota TNI ( koramil pragaan ),  linmas, satpol PP, dan banser, serta Panitia penyelenggara karnafal yaitu puskesmas pragaan yang sudah ikut serta membantu kami dari kepolisian khususnya polsek pragaan, dan  alhamdulillah berkat kerja keras dan kekompakan dari seluruh anggota dan panitia, acara Karnaval akbar tersebut dapat berjalan dengan lancar meskipun ada sedikit kesulitan saat acara berlangsung, dan saya selaku Kapolsek Pragaan sangat mendukung dan mengapresiasi kepada seluruh aparat kepemerintahan kecamatan Pragaan serta seluruh lapisan masyarakat se kecamatan pragaan khususnya, yang telah mendukung acara perayaan HUT RI - ke 73. ini, baik dari awal acara, yaitu dimana semua desa se kecamatan pragaan telah mengadakan acara hiburan dengan berbagai macam perlombaan yang melibatkan masyarakat desa setempat. guna mengikat tali persatuan dan tali silaturrohim antar warga. Dan alhamdulillah selama acara dilaksanakan, mulai awal bulan agustus ini,  tidak pernah ada laporan masarakat kepada anggota kami terkait hal-hal yang tidak kami inginkan selama acara lomba yang dilaksanakan di desa-desa bahkan sampai saat ini (27-08-2018) acara penutupan pawai akbar yang meriyah ini. Dan kami amat sangat berterima kasih kepada seluruh lapisan Masyarakat yang telah ikut andil dalam mengsukseskan acara ini, khususnya perayaan HUT RI-ke 73 ini, karena tanpa adanya dukungan dan kesadaran masyarakat yang tinggi tidak mungkin acara ini akan terlaksan dengan sukses seperti yang kita lihat hari ini. "Tuturnya."

Adapun keterangan dari Drs. Sujarno.MH (Camat Pragaan), kepada kami media Sigap88news.co.id " kami sebagai warga indonesia yang cinta NKRI, hanya ingin ikut memeriyahkan dan memperingati Hari kemerdekaan Bangsa indonesia, dimana HUT RI- ke 73 ini adalah pesta seluruh rakyat indonesia baik di daerah pelosak tanah air ini semua ikut nerayakan HUT RI ini. Sedangkan tema yang kami usung dalam pesta karnaval ini adalah kerja kita adalah prestasi bangsa, sehingga karnafal ini merupakan bentuk publikasi dan promosi program pembangunan yang telah kami capai, baik pembangunan yang telah dilakukan di setiap desa, pembangunan sarana kesehatan dan pendidikan yang berkembang dengan pesat di kecamatan pragaan khususnya, dan yang kami lakukan saat ini adalah suatu bentuk rasa sukur kami atas kemerdekaan ini.

Dan harapan kami kedepan, memoga seluruh masyarakat indonesia ini semakin mencintai dan mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi terhadap bangsanya, sehingga semangat juang 45 harus kami warisi dan semangat juang itu harus tertanam di jiwa raga kita sebagai putra / putri indonesia. Kalau dahulu semangat juang itu untuk berjuang, dan semanagat juang di era sekarang untuk mengisi pembangunan, semuanya berkiprah dalam rangka mengisi pembangunan disemua bidang kehidupan masyarakat. Dan kami menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat ikut berpartisipasi aktif, dalam rangka memeriahkan acara ini tanpa membedakan golongan, ras dan usia, karena kemerdekaan indonesia ini milik kita bersama seluruh rakyat indonesia." Pungkasnya."

Rep : exo.p
Red : Sym.

No comments